Kuliner



Bubur Padas

Kontak :


Alamat :


Bubur Padas ini asli khas Kalimantan Barat, lebih tepatnya makanan khas daerah Sambas. Bubur ini lebih terbuat dari beberapa sayur-sayuran, kacang, ikan teri dan beras yang dipakai pun dibuat sangat hancur sekali dan berwarna tampak hitam pekat. Lebih banyak terlihat sayuran hijaunya daripada berasnya.

Chai Kue

Kontak :
-

Alamat :
Chai Kue, Chai Kue Jl.Siam, Chai Kue Di Depan Santo Petrus, Chai Kue Jl.Merdeka
Chai Kue Gg Parwasal siantan, Chai Kue Batara Serdam, Chai Kue Di Bamboo Cafe Jl.Veteran,

Chai Kue merupakan salah satu kuliner khas chinese yg cara pembuatannya dilakukan dgn tumis dan kukus. Chai kue pada umumnya dibuat dari adonan tepung beras dan dicampur sedikit sagu/tapioka, yang diisi dengan berbagai sayuran. Chai kue dimasak dengan cara dikukus atau digoreng. Dan chai kue yang sering ditemukan memiliki beberapa variasi isi. Yaitu kucai, bengkuang, rebung, keladi dan kacang. Setiap tempat memiliki ke khasan tersendiri. Beda tempat tentunya beda citarasa.

Es Lidah Buaya

Kontak :
-

Alamat :


Kue Bingke

Kontak :
-

Alamat :


Bingke dibuat dari bahan-bahan sebagai berikut: tepung terigu, telur, santan, gula pasir, dan garam. Sebagai kelaziman, bingke dipanggang dengan cetakan berbentuk bunga. Ada bermacam-macam rasa bingke seperti bingke tapai, bingke kentang, bingke labu, bingke pandan, dan banyak lagi.

Lempok Durian

Kontak :


Alamat :


Lempok Durian adalah makanan khas Pontianak yang terbuat dari buah durian dan sedikit ditambahkan gula. Lempok durian digemari oleh banyak kalangan.

Sotong Pangkong

Kontak :
-

Alamat :


Pontianak memiliki satu makanan khas pada saat bulan Ramadhan. Yaitu cumi kering atau akrab di sebut sotong pangkong. Warga Pontianak biasa menyebutnya sotong pangkong sebab sebelum disajikan cumi dipukul-pukul atau di pangkong dalam bahasa Pontianak nya.

Makanan ini terbuat dari cumi yang dikeringkan lalu dibakar dengan mengunanakan arang, setelah dibakar cumi atau sotong tersebut dipukul-pukul mengunakan palu agar rasanya gurih dan nikmat. Rasa sotong pangkong ini sangatlah gurih dan pengolahannya pun unik. Setiap bulan Ramadhan di Jalan Merdeka Kota Pontianak banyak ditemukan pedagang kali lima yang menyajikan makanan khas Pontianak ini.

Sotong Pangkong akan terasa nikmat apabila dimakan dengan saos cabe dan cuka sehingga rasanya bercampur, asin gurih,dan pedas. Penyuka sotong pangkong ini sangat beragam mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.Masyarakat Pontianak selalu menyempatkan diri untuk menikmati sotong pangkong, karena sotong pangkong ini hanya bisa ditemukan setiap bulan Ramadhan saja.

Tempoyak

Kontak :


Alamat :


Tempoyak adalah makanan yang berasal dari Durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan khas Pontianak yang biasa disajikan sebagai lauk saat menyantap nasi. Tempoyak juga bisa dimakan langsung, tetapi hal ini sangat jarang sekali dilakukan masyarakat pontianak karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak. Ternyata tempoyak juga biasa dujadikan bumbu masakan.